BERPUASA

persiapan puasa2 Persiapan Menghadapi Bulan Puasa Ramadhan 2013

Bulan Ramadhan telah tiba, umat muslim seluruh dunia kembali lagi berkesempatan untuk meraih berkah pahala sebanyak-banyaknya. Alangkah beruntungnya bila nilai ibadah pada bulan Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Semua umat muslim tentunya dapat meraih hal tersebut dengan menunaikan ibadah wajib puasa dan amalan Ramadhan lainnya secara maksimal.

( Gambar diatas menunjukkan sebuah keluarga Islam di India sedang berbuka puasa disebelah Taj Mahal, Agra )

Maka setelah memasuki Ramadhan 2013, kita sebagai umat Islam perlu tahu apa saja persiapan menghadapi bulan Ramadhan, hingga kita faham betul makna puasa Ramadhan dan melalui bulan penuh berkah ini dengan sempurna. Inilah persiapan menjelang puasa Ramadhan secara garis besar.

 

1. Mengetahui ilmu Mengenai Puasa Ramadhan

Mungkin tahun yang lalu kita menjalani puasa hanya sekedar ikut bersama keluarga untuk sahur, berbuka dan bertawih bersama. Namun tidak selamanya lingkungan kita merupakan lingkungan yang mendukung hal tersebut, ditambah lagi kebimbangan akan puasa kita sebetulnya diterima atau tidak. Seperti sabda Rasulullah saw.

“berapa banyak orang yang berpuasa, tapi hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja”.

Sebagai umat muslim kita tidak ingin mendapat lapar dan dahaga saja pada bulan puasa, melainkan menjadi umat yang pada akhir Ramadhan (Idul Fitri) merasakan hari nikmatnya hari kemenangan.

Agar tercapai hal tersebut maka mari kita kembali pelajari ilmu tentang rukun dan syarat puasa. Mempelajari ilmu puasa ini juga berguna untuk menambah semangat berpuasa. Jadi, buka dan pelajari lagi ilmu-ilmu mengenai puasa merupakan salah satu persiapan dasar berpuasa Ramadhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: