MEMBINA BANGSA

Pendidikan, moral, dan bangsa merupakan unsur yang sangat penting dalam membangun sistem sosial kemasyarakatan yang berkemanusiaan dan beradab. Ketiganya saperti bangunan rumah. Moral merupakan rangka dasarnya, pendidikan adalah alat penegak tiang dan hiasan lainnya serta bangsa adalah rumahnya, yang menggambarkan keseluruhan jati-dirinya atau identitinya.

Dengan demikian, tanpa adanya foundation dan alat penegak atau hiasan, rumah tidak akan berdiri dengan kuat, megah dan indah. Pembangunan bangsa yang kuat, megah, dan indah, berarti memerlukan moral yang baik dan benar serta sistem pendidikan yang baik dan maju.

Pembangunan bangsa Malaysia pada hakikatnya adalah diarahkan pada membangun berbagai kaum seutuhnya. Manusia seutuhnya, berarti membangun jasmani dan rohaninya secara bersepadu.

Pembangunan manusia yang hanya pada aspek jasmani saja, ia akan menghasilkan manusia “berwatak haiwan”, tamak dan rakus. Sebaliknya, bila hanya pada aspek rohani saja, maka akan menghasilkan manusia “berwatak malaikat”, pasif dan tidak memiliki inovasi dan kreativitas.

Oleh karena itu, pembangunan moral bangsa diarahkan pada semangat membangun manusia seutuhnya secara bersepadu, tidak sekuler, dan tidak dualisme. Disinilah pentingnya sistem pendidikan yang terpadu.

Pendidikan memiliki kedudukan yang strategik dan peranan yang sangat penting dalam membangun, memelihara, dan mengarahkan semangat itu. Sistem pendidikan yang sekuler, hanya menghasilkan manusia yang memiliki spirit dan moralitas sekuler, tamak dan rakus.

Sistem pendidikan Islam adalah sistem pendidikan yang berintegrasi, artinya dalam paradigma pendidikan Islam tidak mengenal dualisme atau sifat sekularism dan moral.

Fkir-fikirkanlah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: