PERSIAPKAN MASA PERSARAAN DENGAN BAIK

Memasuki masa persaraan ada kalanya orang merasa bimbang. Mereka akan kehilangan banyak teman, dan keberadaannya di masyarakat akan menjadi berkurang. Anggapan itu ternyata tidaklah benar, karena bersara pada dasarnya adalah keuntungan atau berkah yang harus disadari.

Ada pakar mengatakan berkah karena orang tersebut berhasil melewati masa kerja bertahun-tahun yang tentunya bukan hal mudah. Berikutnya, secara emosional seorang yang sudah pensiun bisa melaksanakan apa saja keinginannya yang tidak bisa dilakukan saat sedang bekerja.

Misalnya ingin bercuti, bisnis atau ikut kegiatan sosial lainnya pada dasarnya, orang yang sudah bersara memiliki kelebihan. Kelebihan itu adalah seorang yang sudah bersara ada sembilan hal. Di antaranya adalah berpengalaman, menguasai keahlian tertentu, punya relasi, punya pengaruh, punya aset (tabungan), punya jiwa kepemimpinan, lebih dipercaya, punya waktu, dan berkepribadian matang. “Sehingga meski sudah bersara orang masih bisa tetap belajar dan bekerja,” kata pakar itu

Untuk menikmati masa bahagia ketika ketika bersara, tentunya harus dipersiapkan secara baik. Yakni, sudah memikirkannya ketika kala muda atau memiliki tenaga serta pengaruh. Dengan persiapan yang matang, termasuk rencana serta dana maka seorang yang sudah bersaraminimal akan merasakan nikmatnya masa persaraan Persiapan salah satunya adalah ikut serta dalam tabungan masa tua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: