FUKUSHIMA DILANDA TSUNAMI

 

Ramai diantara kita veteran MAYC pernah ke Fukushima untuk mengikuti berbagai program pertukaran belia dan seminar kepimpinan belia tajaan Fukushima Prefecture . Oleh yang demikian sudah seharusnya kita amat bersimpati dengan bencana yang telah melanda kawasan ini beberapa hari yang lalu.

Tidak terkira adanya warga Malaysia  berada di Fukushima, yang 11.000 penduduknya dievakuasi ke zon aman oleh pemerintah Jepun, menurut informasi dari Kedutaan Besar kita  di Tokyo, Sabtu.

Setelah ledakan dipembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima No. 1 pukul 15.30 waktu setempat, radius aman di kawasan itu ditingkatkan dari 3 km ke 10 km pada Sabtu petang.

Pada pukul 19.00 waktu setempat, radius aman ditingkatkan menjadi 20 km.

Siaran nasional stasiun televisi Nippon Housou Kyoukai (NHK) yang dikutip kantor berita AFP pada Sabtu melaporkan sekurangnya tiga warga di Jepun terkena radiasi setelah terjadi ledakan yang mengenai instalasi nuklir tua Fukushima No. 1, kata NHK, mengutip pejabat pemerintah setempat pascagempa bumi pada Jumaat.

Tiga orang yang terpilih secara random  untuk diperiksa dari sekitar 90 pesakit rawat inap dipindahkan dari rumah sakit di kota Futaba-machi, kata NHK.

Para pesakit tersebut menunggu regu penyelamat di lapangan sekolah, menghabiskan waktu lama di luar dan kemudian dipindahkan dengan helikopter pada saat terjadi ledakan yang mengenai instalasi nuklir, kata NHK.

Ledakan tersebut menimbulkan kepulan asap menyembur dari PLTN tersebut pada Sabtu, menyebabkan ketakutan akan kemungkinan kehancuran sehari setelah gempa besar yang mengenai sistem pendingin instalasi itu.

Pemerintah menyatakan situasi darurat atom dan mengatakan puluhan ribu warga yang tinggal dalam radius 20 kilometer PLTN itu harus segera meninggalkan kawasan tersebut.

Operator dari PLTN tersebut mengatakan kontainer yang mengurung reaktor tidak rusak meski ada ledakan.

Sama-sama kita doakan teman-teman kita disana selamat dan keadaan kembali puleh tidak lama lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: